Pencoblosan Diadakan Serentak, Sejumlah TPS Fakultas Tampak Sepi Pemilih

Dari redaksi

Pemilihan Raya (Pemira) Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) telah melalui tahap pemungutan suara. Diselenggarakan offline selama 2 hari pada 8 hingga 9 Desember 2022, pemilihan dilakukan serentak di 12 fakultas dari pukul 8 pagi hingga 6 sore. Meskipun dilakukan di fakultas masing-masing, mahasiswa dapat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Hari pertama pencoblosan, mahasiswa mulai tampak mengantre untuk melakukan pendataan sebelum mencoblos di TPS Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Kamis (8/12). Foto: Nida Ismiatun Azzahra.

Pendopo, yang menjadi lokasi pemungutan suara di Fakultas Pertanian (Faperta), mulai dipadati pemilih. Mereka duduk menunggu giliran memasuki bilik suara untuk melakukan pencoblosan, Kamis (8/12). Foto: Alil Saputra.
Mahasiswa yang sudah memasuki bilik suara, dapat langsung melakukan E-Voting melalui website Siballu. Bilik suara yang disediakan di TPS Fakultas Biologi (Fabio) juga tampak tengah digunakan untuk melakukan pencoblosan, Kamis (8/12). Foto: Amalia Rahmadani.
Panitia yang bertugas di Fakultas Peternakan (Fapet) membantu mengarahkan pemilih dalam mengoperasikan website yang digunakan, Kamis (8/12). Foto: Alil Saputra.
TPS Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) yang bertempat di pendopo, menyediakan 4 bilik suara untuk pencoblosan, Kamis (8/12). Foto: Aura Saintia Transendenti.
Sementara itu, TPS di Fakultas Kedokteran (FK) tampak sepi, Kamis (8/12). Foto: Faiz Maulida.

Hal serupa juga terjadi di TPS Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Pada hari pertama, masih sedikit mahasiswa yang mendatangi TPS, Kamis (8/12). Foto: Athalia Ardi Ramadhani.

Memasuki minggu tenang sebelum Ujian Akhir Semester, hanya sedikit mahasiswa yang datang mencoblos ke gedung sekretariat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Jumat (9/12). Foto: Nida Ismiatun Azzahra.
Mahasiswa tengah mencelupkan jari ke tinta yang telah disediakan di TPS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) sebagai akhir dari rangkaian proses pemilihan, Jumat (9/12). Foto: Arie Satria.
Memasuki hari kedua, jumlah pemilih di TPS Fakultas Hukum (FH) juga masih terbilang jauh dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada. Menurut penjelasan Wiyah selaku Koordinator Panitia Pemilihan Raya (PPR) di FH, minggu tenang diakui menjadi faktor rendahnya antusiasme dari mahasiswa, Jumat (9/12). Foto: Arie Satria.
Di hari kedua pencoblosan, jumlah mahasiswa yang melakukan pencoblosan di TPS Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (Fikes) cenderung mengalami penurunan. Hal ini disampaikan langsung oleh Yaya, Koordinator PPR Fikes. Saat ditemui awak Sketsa pada (9/12), ia menyampaikan bahwa pencoblos di hari pertama bahkan mencapai angka dua ratus, Jumat (9/12). Foto: Arie Satria.
Aula gedung F Fakultas Teknik juga tampak sepi. Afi, Koordinator PPR FT menyampaikan bahwa total hari pertama dan kedua baru mencapai kurang lebih seratus. Hal ini masih masih jauh dari target DPT yang berjumlah sekitar seribu, Jumat (9/12). Foto: Nida Ismiatun Azzahra.

Editor: Aprilia Ani Fatimah

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda