Tips Menulis ala Bang Tere Liye

 Tere Liye saat memberi tips kepada peserta workshop (Tami)

Tere Liye saat memberi tips kepada peserta workshop (Tami)

PURWOKERTO– Siapa yang tak kenal penulis yang sudah menerbitkan buku lebih dari 16 judul ini? Bahkan, di antaranya diangkat menjadi film layar lebar. Ya, dialah Darwis Tere Liye, penulis berimajinasi liar namun rendah hati ini menjadi pembicara di Workshop Kepenulisan yang diselenggarakan oleh Salman MM Teknik Unsoed di Gedung E Fakultas Teknik dan Sains Blater,Purbalingga, Minggu (29/09).

Tere Liye hadir sebagai bintang tamu. Ia memberikan materi mengenai tips menulis serta motivasi untuk menghindari Block Writer yang sering dialami oleh sebagian penulis pemula. Dimulai dengan pelatihan menulis, penulis novel Hafalan Shalat Delisa ini menantang peserta untuk menulis ide cerita dengan sudut pandang berbeda.

“Tulisan yang bagus adalah menulis dari sudut pandang yang berbeda,” ujar Tere Liye yang sangat pandai bercerita. Selain itu Tere Liye pun memberikan suntikan motivasi bagi peserta yang merasa menulis adalah sesuatu yang sulit.

“ Tidak ada tulisan yang baik dan tidak ada tulisan yang buruk, fokuslah menulis dan lakukan hingga akhir,” ungkapnya.

Acara yang berdurasi sekitar dua jam tersebut dipenuhi oleh peserta dari berbagai kalangan. Para peserta sangat antusias bertanya mengenai kepenulisan maupun membahas bukuTere Liye. Dengan gaya santainya, Tere liye mengatakan kepada orang-orang yang ingin menulis untuk berhenti berbicara bahwa tidak ada waktu untuk menulis.

Karena menurutnya setiap waktu ataupun kegiatan yang dilakukan sehari-hari bisa menjadi bahan tulisan. “Panggil motivasi terbaik kalian untuk meningkatkan mood  lalu tuangkan dalam tulisan, lakukan sekarang juga,” ucap Tere Liye di akhir acara.(Tami)

Pindahan dari lpmsketsa.com