Sosialisasi HMK Bukan Sekedar Tentang Unsoed

Siswa SMAN 1 Buluspesantren antusias memperhatikan penjelasan dari Anggota HMK Unsoed

Siswa SMAN 1 Buluspesantren antusias memperhatikan penjelasan dari Anggota HMK Unsoed

KEBUMEN–(11/1) Belasan anggota Himpunan Mahasiswa Kebumen (HMK) Unsoed melaksanakan kegiatan lanjutan sosialisasi tentang perguruan tinggi di Kebumen. Kali ini di dua SMA yaitu SMA N 1 Buluspesantren dan SMAN Karanganyar.

Kegiatan sosialisasi ini memang sudah menjadi proyek wajib tahunan bagi HMK. Bahkan, begitu pentingnya agenda ini membuat HMK merencanakannya jauh-jauh hari. “ Kita sudah persiapkan dari bulan Oktober (2013), kita sudah siap apabila sekolah mengundang kita untuk sosialisasi,” jelas Lukman Khakim, Ketua HMK Unsoed, kepada Sketsa.

Berdasarkan pengamatan Sketsa, kegiatan ini cukup menyita perhatian siswa-siswi kelas XII SMAN 1 Buluspesantren. Hal itu terlihat saat mereka antusias mendengarkan penjelasan para personil HMK terkait kuliah. Banyak juga pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari peserta sosialisasi yang notabene belum tahu benar akan dunia perkuliahan.

Saat ditanya tentang tujuan kegiatan, Lukman mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar mereka agar tidak berhenti sampai hanya tamat SMA, tapi melanjutkan ke perguruan tinggi. “Tujuannya untuk memberikan info kepada siswa SMA, memberikan motivasi agar dia jangan berhenti sampai tamat SMA,”  jelas Lukman saat Sketsa bertanya terkait tujuan kegiatan.

Kegiatan ini akan diteruskan selagi mahasiswa HMK menjalani libur akhir semester. Hampir semua SMA dan SMK di Kabupaten Kebumen akan disambangi HMK. “Sasaran sosialisasi ini ya semua sekolah (SMA) yang ada di Kebumen, terutama yang di desa, yang masih rendah tingkat pendidikannya,” tambah Lukman yang juga Ketua Panitia Kebumen Campus Fair (KCF).

Peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi HMK bukan hanya dijejali informasi tentang Unsoed, namun juga tentang cara-cara mendaftar perguruan tinggi, jalur masuk, beasiswa Bidik Misi dan lainnya, dan lain-lain yang bersifat global, bukan hanya di Unsoed.

Saat dimintai konfirmasi, Lukman mengamini hal tersebut. “Ya, kita bukan hanya (menjelaskan) tentang Unsoed, tapi kita mengutamakan agar mereka termotivasi untuk kuliah, dengan harapan tingkat pendidikan di Kebumen meningkat,” tutup Lukman. (Anung)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.