Punakawan Inginkan Dukungan dari Masyarakat Banyumas

PURWOKERTO-“Kami ingin masyarakat Banyumas juga tahu bahwa mahasiswa Teknik Elektro Unsoed memiliki tim yang mampu membuat robot dan sudah mengikuti event besar sertameraih prestasi walaupun baru 5 besar dan belum bisa juara. Soalnya kemarin adayang bilang, wah ini kayak robot yang di Jogja,” ujar Gilang Kurniawan salahseorang anggota Tim Punakawan ketika ditemui Jumat siang (18/ 5) pada hariterakhir Expo Teknologi di. Gedung Auditorium Graha Widyatama Unsoed.

Mengubah paradigma masyarakat bahwa tidak hanya universitas-universitas besar sepertiUGM atau UNY yang bisa, namun Unsoed juga bisa dan mampu. Hal ini yangmendasari keikutsertaan tim robot Teknik Elektro untuk mengikuti Expo TeknologiUnsoed. Melalui event ini diharapkan bisa menunjukkan prestasi putera-puteriBanyumas.

Robot yang diikutkan dalam Expo ini merupakan robot pemadam api yang bertugas untukbernavigasi menelusuri dinding dan masuk ke dalam ruangan untuk mencari titikapi kemudian memadamkannya dan kembali lagi ke home.

Robot pemadamapi ini dibuat menjadi dua tipe, yaitu divisi beroda dan divisi berkaki. Kedua robot ini dibuat oleh dua tim dari mahasiswa Teknik Elektro Unsoed. Divisiberoda diwakili oleh Tim Kronika yang beranggotakan Guruh Syahrani, WisnuEnggar S., Faris Sugiyanto, Jauharul Fuadi dengan dosen pembimbing ImronRosyadi, S.T.,M.Sc. Sementara divisi berkaki diwakili oleh Tim Punakawan yangdigawangi oleh Bayu Samodra, Gilang Kurniawan P. P., Aji Susilo, Anggi AlmidraS., dengan dosen pembimbing Priswanto, S.T.,M.Eng.

Prestasiyang dicapai oleh tim robot Jenderal Soedirman adalah masuk peringkat limabesar pada Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Regional III yangdiselenggarakan oleh DIKTI di GOR Jatidiri, Semarang tanggal 27-29 April 2012untuk kedua divisi robot yang diikuti, beroda dan berkaki. Sebelum ini tim robot Jenderal Soedirman sudah ikut serta dan sering menjadi finalis dalamberbagai kompetisi serupa. (Galih)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.