Pelaksanaan Pemilihan Rektor Unsoed 2018-2022 Ditunda

Dari kiri ke kanan: Prof. Suwarto, Prof. Mas Yedi Sumaryadi, dan Agus Nuryanto. Foto: Diambil dari laman unsoed.ac.id .

Dari kiri ke kanan: Prof. Suwarto, Prof. Mas Yedi Sumaryadi, dan Agus Nuryanto. Foto: Diambil dari laman unsoed.ac.id .

PURWOKERTO – Tahap pemilihan calon rektor yang semula terjadwal pada hari Selasa (10/4) ditunda pelaksanaannya. Hal itu disampaikan Prof. Wardhana Suryapratama selaku Ketua Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Unsoed 2018-2022. “Kami masih menunggu berita dari Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi),” tulisnya setelah dihubungi melalui Whatsapp.

Berdasarkan foto surat senat yang Sketsa terima dari Prof. Wardhana, menyebutkan bahwa pemilihan rektor akan dilaksanakan setelah Kemenristekdikti selesai melakukan proses penelusuran rekam jejak calon rektor Unsoed.

Namun, terkait kepastian waktu pelaksanaannya kapan, Prof. Wardhana menyampaikan bahwa hal tersebut belum bisa dipastikan. “Belum tahu kapan dilaksanakannya (tahap pemilihan calon rektor-red),” sambungnya.

Surat senat terkait pemberitahuan penundaan pemilihan rektor Unsoed.

Sebagai tambahan informasi, ada empat tahapan dalam proses pilrek Unsoed yang meliputi tahap penjaringan bakal calon, penyaringan bakal calon, pemilihan calon, dan terakhir tahap penetapan dan pelantikan. Untuk tahap pertama dan kedua telah rampung dilaksanakan.

Sedangkan pada tahap pemilihan calon rektor nanti akan dilaksanakan melalui pemungutan suara oleh Senat Unsoed dan Kemenristekdikti dalam rapat senat tertutup. Pada tahap ini, Menteri memiliki 35% hak suara dari total pemilih yang hadir, sementara senat memiliki 65% hak suara yang mana masing-masing anggota senat memiliki hak suara yang sama.

Sampai saat ini, ada tiga nama calon rektor dalam bursa pilrek Unsoed. Mereka adalah Prof. Suwarto, Prof. Mas Yedi Sumaryadi dan Agus Nuryanto. (Fahry Ammar Maulidian)

Editor: Yoga Iswara Rudita Muhammad

Baca juga: Nama-nama Itu Belum Muncul