Kuliah Gratis di Perancis

ilustrasi: Sucipto

ilustrasi: Sucipto

PURWOKERTO–Universitas Jenderal Soedirman bekerjasama dengan Institut Francais Indonesia (IFI) mengadakan sosialisasi beasiswa di Perancis di Gedung Rektorat lantai 1, Kamis (22/5).

Acara yang menarik perhatian civitas akademika Unsoed ini didasari karena adanya minat mahasiswa kuliah di luar negeri. Adanya sosialiasi ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan informasi bagaimana cara mendapatkan kuliah gratis di luarnegeri.

IFI mempunyai beberapa cabang di Indonesia, antara lain IFI Bandung, IFI Jakarta, IFI Yogyakarta, dan IFI Surabaya yang menyediakan kursus bahasa Perancis. IFI juga menyediakan warung Perancis di seluruh universitas di Indonesia. Tujuannya agar mahasiswa lebih mengenal Perancis.

Di Unsoed, warung Perancis terletak di lantai tiga UPT Perpustakan yang diresmikan sebelum sosialisasi beasiswa. Warung Perancis ini menyediakan berbagai informasi mengenai Perancis.

Untuk mendapat kuliah gratis di Perancis, perlu beberapa tahapan yang harus dilakukan. Warung Perancis menyediakan informasi tentang hal tersebut. “Campus France ini membantu mahasiswa dalam melakukan tahapan, dari mulai mendapatkan informasi, membantu menentukan progam studi dan universitas, info pembiayaan dan keberangkatan,” ujar direktur IFI, Christine Moerman.

Salah satu syarat untuk kuliah di Perancis adalah sertifikat Diplmetudes en langue francaise (DELF) atau uji coba kemampuan berbahasa Prancis. “Sertikat ini berlaku satu kali seumur hidup, tidak seperti TOEFL yang perlu pembaharuan,” ujar Christie.

Biaya yang dikeluarkan untuk penerima beasiswa tidak banyak. Namun butuh perjuangan untuk mendapatkannya. ”Walaupun murah tetapi tetap butuh perjuangan yang keras, memperhatikan persyaratan untuk melengkapi perjuangan tersebut,” ungkap Maya, pembicaradari IFI. (Ludbizar, AnggotaMagang LPM Sketsa 2014)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.