Kesederhanaan Lomba HUT RI sebagai Media Pengakraban UKM

Euforia Lomba HUT RI di Komplek PKM Unsoed. Foto: Widia Tifani

Euforia Lomba HUT RI di Komplek PKM Unsoed. Foto: Widia Tifani

PURWOKERTO–Warga Komplek Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Jenderal Soedirman berbaur untuk mengikuti lomba dalam memperingati HUT RI ke-70 yang diadakan BEM-U, Senin (17/8). Perlombaan ini merupakan kali pertama diadakankan, terlepas dikarenakan tahun kemarin bentrok dengan bulan Ramadhan.

“Lombanya ya lumrah aja, kita tidak punya kapabilitas untuk menilai jika lombanya yang unik-unik. Ini bisa dibilang juga insidental karena bukan termasuk dalam program kerja BEM-U,” tutur Menteri Sosial dan Politik BEM-U Azzy D’Vyastia Kusuma. “Acara ini menjadi sebuah momentum perayaan kemerdekaan, serta menjalin hubungan yang lebih intens antar UKM dan internal BEM-U sendiri,” tambahnya.

Menurut Azzy, persiapan lomba yang dimulai sejak awal Agustus menyebabkan  acara tersebut nampak kurang persiapan. Hal ini dirasakan pula oleh para peserta. “Coba lebih di konsepin lagi, tadi juga masih ada panitia yang keliatan bingung, dan jangan ngaret (telat-red),” ungkap Ridwan Setiawan, anggota Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) .

Banyakin lagi publikasi, aksesoris, lebih memberdayakan alat-alat pendukung yang dimiliki UKM-UKM, dan mengajak anak-anak fakultas,” saran Yunus, anggota Marching Band Bahana Putra Soedirman (MBBPS).

Sebelumnya, BEM-U sudah mensosialisasikan acara tersebut ke fakultas-fakultas. Namun, tidak ada satupun dari pihak fakultas yang ikut dalam perayaan tersebut. “Dari fakultas masih sulit dihubungi karena memang masih dalam waktu liburan,” jelas Azzy.

Walau terkesan dadakan, namun acara tersebut cukup meraih antusiasme para penghuni PKM.“Exited sih, menurut aku ini juga sebuah progress ya dari BEM-U. Jadi banyak UKM yang berbaur walau awalnya acuh tak acuh terus. Jadi acara refreshing juga,” ungkap Yunus. Sependapat dengan Yunus, Ridwan  pun menanggapi acara ini secara positif, “Acaranya positif,biar tambah kerjaan juga dan makin akrab antar UKM.”

(Widia Tifani/Diana Nabila)