First Aid Invitation

PURWOKERTO-Aula D3 Bahasa Inggris sore itu (15/05) dipenuhi siswa SMA. Mereka berasal dari 17 pangkalan PMR Wira yang tersebar di Purbalingga, Cilacap, dan Banyumas. Masing-masing pangkalan mengirimkan 10 orang sebagai perwakilan. Kedatangan mereka adalah untuk mengikuti lomba First Aid Invitation (FAI) yang diselenggarakan oleh Korp Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit Unsoed.

Acara yang dimulai pukul 9 pagi oleh Pembantu Rektor 3 Prof. DR. Imam Santoso. M,Si mengusung tema sebagai ajang membangun insan muda berprestasi dengan semangat kepalang merahan. FAI menjadi bukti eksistensi KSR Unsoed dalam mengembangkan palang merah di wilayah Banyumas dan sekitarnya.

Materi yang dilombakan dalam First Aid Invitation meliputi Pertolongan Pertama (PP), Perawatan Keluarga (PK), dan lomba cerdas cermat (CC). Untuk lomba PP SMAN 1 Purbalingga menjadi juara 1, PK SMAN 1 Purwokerto lah yang menjadi juara 1 sedangkan CC juara satunya adalah perwakilan dari SMAN 2 Cilacap. SMAN 1 Purwokerto menjadi juara umum karena masuk menjadi pemenang di tiap materi yang dilombakan meskipun hanya satu materi yang menjadi juara 1.

Ditemui di sela-sela acara, Nori, ketua panitia FAI mengatakan,”Tujuan diselenggarakannya acara ini selain untuk mensosialisasikan KSR Unsoed kepada siswa SMA juga untuk mengembalikan kepercayaan peserta akan kegiatan FAI yang pernah diselenggarakan dua tahun lalu karena perbedaan persepsi mengenai sistem grade penilaian lomba yang digunakan Banyumas dan Undip.”

Tetapi bagaimana pun acara ini tetap memberikan dampak positif untuk peserta. Seperti yang dituturkan oleh Ani Naswati peserta dari MAN 1 Purbalingga saat ditanya oleh tim Sketsa mengenai manfaat acara ini “yang pertama pengalaman tambah, terus lebih tau dan bisa memperbaiki pengetahuan kepalang merahan kita, terus dari ilmu itu kita bisa memberikan ke adik-adik kita atau anggota palang merah yang lain.” (Ratna)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.