FE Menangkan IFDC 13

Tim Debat Fakultas Ekonomi menerima trophy juara 1 (Foto: Bangkit Patrya)

Tim Debat Fakultas Ekonomi menerima trophy juara 1 (Foto: Bangkit Patrya)

PURWOKERTO-Torch of Jenderal Soedirman. Begitulah tema yang diusung Student English Forum, dalam salah satu big event-nya, Inter Faculty Debat Championship yang ke 13. Ajang debat bahasa Inggris tahunan antar fakultas Unsoed yang berlangsung tanggal 17-19 Mei 2012 ini diikuti oleh semua fakultas di Unsoed. “FDC ke 13 ini diikuti oleh dua puluh dua tim dari 8 fakultas,” papar Mutohar, salah satu Laision Officer.

Pada babak Grand Final tim debat Ekonomi A dan FISIP A berhadapan untuk memperebutkan predikat the winner of 13th IFDC. Tim Ekonomi yang diwakili oleh Hafidz, Helen, dan Faiz menjadi tim affirmative bertemu dengan tim debat FISIP yaitu Demis, Muftia, dan Neno sebagai negative team. Kedua tim tersebut memperdebatkan motion debat “This house would punish the parent who let their children beg to street” dengan sistem Asian Parliamentary.

Setelah melewati debat yang cukup sengit, Ekonomi berhasil mengalahkan FISIP dengan 10 : 1. Dari 11 dewan juri, 10 juri memilih fakultas ekonomi sebagai pemenangnya. Salah satu debater dari Fakultas Ekonomi, Helen, juga terpilih sebagai Best of the best speaker.”Walaupun bandingannya cukup besar, debater tahun ini banyak mengalami perkembangan,” papar M. Zaenul Wafa, salah satu dewan juri. Wafa menambahkan bahwa ada golden ticket untuk menjadi juri bagi peserta. “Peserta yang berhasil masuk perempat final sampai grand final, memiliki golden ticket untuk menjadi dewan juri di IFDC selanjutnya.”

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.