Eksistensi Ecolens sebagai UKM Fotografi

PUWOKERTO-Minggu (17/4) Klub Fotografi Ecolens, salah satu bagian Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Ekonomi UNSOED menggelar Lomba Foto Spontan di Lingkungan BAKORWIL III Rumah Jabatan (Regional Management BARLINGMASCAKEB).

Rangkaian acara dalam rangka menyambut hari berdirinya Ecolens tahun ke 22 ini mengusung tema “Golden Hours”. Dengan itu Ecolens ingin namanya kembali muncul di Purwokerto setelah vakum selama 2 tahun tanpa acara.

Hari sebelumnya telah diadakan seminar Fotografi (16/4) di Gedung Rudhiro UNSOED. Pembicara dalam seminar tersebut adalah Don Hasman (Adventure Photographer) dan Ferry Ardianto (Commercial / Still Life Photographer). Peserta yang datang berasal dari sesama UKM Klub fotografi dan peserta umum, antara lain dari Kota Pemalang, Wonosobo, Banjarnegara, Kebumen, Gombong, Jogja, Solo dan Jakarta. Berbeda dengan acara tahun-tahun sebelumnya, lokasi hunting yang dipilih Ecolens kali ini tidak berada di lingkungan kampus UNSOED.

Hal tersebut karena dirasa membosankan dan wilayahnya terbatas. “Kita nyari tempat yang bisa menarik perhatian,” ujar Lintang Paramaartha selaku ketua Panitia Golden Hours Ecolens.

Gebrakan dalam memposisikan diri dikancah daerah atau nasional seperti yang diambil Ecolens, nampaknya patut ditiru khususnya oleh UKM tingkat fakultas maupun universitas. Seperti yang dikatakan Lintang, “Kita pingin memperkenalkan lagi ke publik ini Ecolens, Ecolens masih ada kok dan masih tetap berkarya.”

Bagaimana dengan puluhan UKM lain? Tentunya, konsistensi dan langkah nyata pihak UKM disertai dukungan penuh pihak birokrat, dapat lebih melambungkan nama UNSOED jika mampu menciptakan simbiosis mutualisme didalamnya. (Ucup)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.