Demokratisasi Kampus dan Partisipasi Mahasiswa

PURWOKERTO-Sebuah wajah baru menghias papan-papan pengumuman di Unsoed. Pamflet warna orange berisi informasi Pemira BEM-Unsoed seakan berkata “Selamat Datang Demokrasi di Unsoed”.

“Untuk sosialisasi kami sudah mengusahakan semaksimal mungkin,”ungkap Mochamad Lukman Hakim selaku DLM BEM-U sewaktu dihubungi Sketsa senin (21/3) “Namun dalam hal sosialisasi Calon Presiden melalui debat presiden dibeberapa fakultas kurang mendapatkan antusias yang baik, antusias pengenalan calon Presiden Unsoed justru datang dari teman-teman eksak daripada teman-teman di kampus social,” tambah mahasiswa Fakultas Ekonomi tersebut.

Tim pemantau dari Sketsa menemukan situasi yang berbeda di tiap kampus. Di D3 Bahasa Inggris yang terlihat sepi. “Mahasiswa kurang peduli terhadap Pemira,” ungkap Nurman Basir selaku Panitia Pelaksana Pemira tetapi lain halnya di Fakultas Peternakan, MIPA, Biologi dan Keperawatan yang terlihat ramai.

“Udah banyak mas yang milih,” ungkap Fauziah salah satu Panitia Pelaksana pemira. “Cuma beberapa mahasiswa belum tahu calonnya jadi sebelum memilih mereka lihat visi misinya dulu baru mereka milih,” tambah mahasiswa Jurusan Akutansi tersebut.

Peran mahasiswa dalam demokrasitasi kampus

Peran mahasiswa dalam demokrasi merupakan suatu keharusan karena demokrasi kampus tanpa peranan dari mahasiswa niscaya demokrasi tidak bisa berjalan. Partisipasi mahasiswa merupakan pilar utama berdirinya demokratisasi kampus menunju arah pemerintahan Mahasiswa dari Mahasiswa, oleh Mahasiswa dan untuk mahasiswa.

Perlu sebuah kesadaran yang harus ditanamkan dalam diri mahasiswa atas pentingnya sebuah demokratisasi kampus. “Masih kurangnya minat mahasiswa terkait hal-hal yang menyangkut kepentingan yang bersifat umum” Ungkap Lukman Ketua DLM Unsoed.

Pendidikan demokrasi merupakan sebuah hal penting, dan tangung jawab kita semua untuk memberikan pengertian tentang sebuah demokrasi kampus yang bersih dan terbuka dalam tujuan membangun Unsoed yang lebih baik. (Putut)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.