BEM Akan Ingatkan Tunas Rakyat Kepada Jokowi

Buku "Tunas Rakyat", kumpulan tuntutan aspirasi BEM SI. sumber: bem-unsoed.org

Buku “Tunas Rakyat”, kumpulan tuntutan aspirasi BEM SI. sumber: bem-unsoed.org

PURWOKERTO-BEM Unsoed bersama BEM Ilmu Gizi dan BEM Fakultas Hukum akan melakukan aksi guna mengingatkan “ Tunas Rakyat” kepada Presiden Terpilih Jokowi. BEM Unsoed mewakili BEM SI wilayah Jogloseto (Jogja, Solo, Semarang, dan Purwokerto).

Tujuan utama aksi BEM ini adalah ditandatanganinya kontrak politik yang dibuat mahasiswa tersebut oleh Presiden Jokowi setelah dilantik. “Tujuannya, Jokowi menandatangani Kontrak Politik yang sudah kami buat,” kata Harvin, Presiden BEM Unsoed.

”Kami ingin kepemimpinan baru sesuai keinginan mahasiswa yang tertuang di Tunas Rakyat,” tutur Harvin. Tunas Rakyat adalah hasil kajian Rakernas BEM SI Bulan Juni 2014 di Udayana yang berisi tuntutan aspirasi masyarakat yang telah dimusyawarahkan sebelum Pilpres.

”(Yang dimusyawarahkan) Rakernas BEM SI salah satu kajiannya tentang mengawal Pemilu, kemudian mengawal kepemimpinan baru, siapapun yang terpilih, baik Jokowi atau Prabowo,” tambah Harvin. Ada tujuh isu dalam tuntutan tersebut, yaitu korupsi, pertanian, energi, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan tenaga kerja.

Rencananya, mereka akan bergabung dengan BEM perwakilan tiap wilayah di Indonesia, yang terhimpun dalam BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) dalam aksi yang sama.

Sekitar pukul 21.00, rombongan BEM berangkat ke Jakarta guna menghadiri prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo alias Jokowi dan Jusuf Kalla alias JK. Menurut info yang beredar luas, pelantikan akan dilaksanakan Senin pukul 10.00 WIB di Gedung DPR/MPR/DPD RI. Setelah itu, BEM akan mengadakan  long march dari HI menuju Istana Negara. (Nurhidayat/Sucipto)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.