Aksi Dukungan Terhadap Palestina

PURWOKERTO-Tindakan penyerangan Israel terhadap kapal yang membawa misi kemanusiaan, Mavi Marmara, Senin (31/5) lalu membawa sejumlah pemuda, termasuk mahasiswa Unsoed untuk bergabung dalam sebuah aksi. Aksi yang bertempat di beberapa titik keramaian ini berlangsung Kamis (3/6) kemarin.

Sejumlah simpatisan seperti Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Se-Unsoed, UKKI, KAMMI, IMM, dan Pemuda Al-Irssyad yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Banyumas (GEMA) menggelar aksi solidaritas sebagai bentuk kepedulian atas pelanggaran hak-hak kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Aksi diawali di hadapan patung Jenderal Soedirman Unsoed ini kemudian dilanjutkan dengan long march menuju kantor DPRD Banyumas. Sepanjang rute perjalanan mereka menyerukan kepada masyarakat Purwokerto pada umumnya untuk lebih peduli terhadapa bangsa Palestina yang mereka anggap belum merdeka.

Aksi yang dikawal ketat pihak kepolisian ini melancarkan orasi di tiga tempat berbeda, yakni di perempatan tamara plaza, halaman kantor RRI Purwokerto, dan alun-alun Purwokerto. Dalam orasinya, peserta aksi mengutuk tindakan penyerangan Israel terhadap kapal Mavi Marmara yang mengangkut sejumlah relawan dan juga jurnalis dari beberapa negara, termasuk Indonesia. (Gigih)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.