Bazar Buku, Sarana Pendongkrak Wawasan

Pengunjung Bazar Buku LPM Sketsa sedang melihat-lihat buku. Foto: Laili Uswatun Nadlifah

Pengunjung Bazar Buku LPM Sketsa sedang melihat-lihat buku. Foto: Laili Uswatun Nadlifah.

Oleh: Laili Uswatun Nadlifah

Pepatah mengatakan “Buku adalah jendela dunia”, tidak mengherankan memang karena buku sudah diakui faedahnya sebagai pembuka kunci pengetahuan dunia. Tidak ada orang besar yang tidak membaca, semakin tinggi frekuensi baca seseorang, semakin tinggi pula wawasan dan pengetahuannya. Membaca buku sangat tak terhitung manfaatnya, apalagi bagi generasi muda yang diharapkan dapat merubah nilai index kualitas bangsa menjadi lebih baik.

Dalam mengilhami hal tersebut, Sketsa sebagai salah satu UKM jurnalistik dengan tagline “Pemandu wawasan almamater”, menyadari akan pentingnya budaya baca, terutama di kalangan muda. Adanya degradasi dalam budaya baca oleh kaum muda juga menjadi fenomena yang sejatinya butuh perhatian besar. Untuk itu, LPM Sketsa mengadakan “Bazar Buku LPM Sketsa 2015” yang akan berlangsung dari tanggal 19-26 September 2015 di Pusat Kegiatan Mahasiswa Unsoed. Bazar buku ini nantinya diharapkan dapat membantu semua kalangan masyarakat untuk memperoleh buku sebagai kunci menuju pengetahuan dunia, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Tak hanya itu, dalam “Bazar Buku LPM Sketsa 2015” juga terdapat serangkaian acara menarik seperti diskusi, photo booth, akustik, serta doorprize yang juga disiapkan untuk pengunjung bazar. Pada hari pertama bazar, tepatnya pada Sabtu, (19/9) pukul 19.00- 21.00 WIB, terdapat diskusi dengan tema “Degradasi selera baca pemuda” yang akan disampaikan oleh Prof. Imam Santosa, M.Si, Dosen Sosiologi FISIP Unsoed. Selanjutnya, di penghujung acara, tepatnya pada Sabtu, (26/9) pukul 19.00 -21.00 WIB, akan ada diskusi film berjudul “Mencari Pancasila” bersama Anang Fahmi, alumni LPM Sketsa. Diskusi ini diharapkan menjadi pemantik mahasiswa dan masyarakat umum akan pentingnya membaca buku. Selain itu, terdapat pula penampilan akustik yang akan dibawakan oleh Sketser (anggota Sketsa) pada Kamis, 24 september 2015.