Memahami Esensi Ajaran Budha

Dari redaksi
Vihara Buddha Dipa, Arcawinangun. Foto: Reza Adum Kurnia Praja

Vihara Buddha Dipa, Arcawinangun. Foto: Reza Adum Kurnia Praja

PURWOKERTO–Budianto, salah seorang pengelola Vihara Buddha Dipa mengatakan bahwa makna perayaan Waisak bagi umat Budha untuk semakin memahami hidup. “Perayaan Waisak bagi umat Budha yaitu agar umat Buddha dapat memahami ajaran sang Buddha dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” papar Budianto Selasa (2/5). Beberapa umat Budha di Purwokerto merayakan hari raya Waisak ke-2559 Tahun Saka di Vihara Buddha Dipa, Arcawinangun.

Selain itu, perayaan Waisak juga ditujukan untuk menghormati sang Buddha. Perayaa waisak ini ditujukan untuk menghormati sang Buddha yaitu Siddharta Gautama sekaligus menghormati ajaran sang Buddha,” jelasnya. Umat Buddha harus bersikap baik kepada sesama umat Buddha, saling bertoleransi dan bersikap ramah kepada umat agama lain.

Perayaan waisak di Vihara tersebut berlangsung khidmat. Para umat Budha mendatangi Vihara sejak pagi hari dan perayaan waisak mencapai puncaknya pada malam hari dengan ibadah yang lebih khusyuk. Vihara yang berdiri sejak tahun 1991 dengan dana sukarela dari umat Budha Purwokerto. Umat Budha pun bisa melaksanakan ibadah lebih khidmat karena bangunanya yang berdiri kokoh dan rapi. (Reza Adum Kurnia Praja)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda