Pusara untuk Kinerja Jokowi dari KBM Unsoed

Dari redaksi
Mahasiswa unsoed berjamaah di depan Gedung DPRD. Foto: Susilo Fathurrokhman

Mahasiswa unsoed berjamaah di depan Gedung DPRD. Foto: Susilo Fathurrokhman

Oleh: Muthia Kusuma Wardani

Ratusan mahasiswa beralmamater kuning keemasan mendatangi gedung DPRD Kabupaten Banyumas. Teriknya sinar matahari, Jumat, (20/03) menyirami tubuh-tubuh yang bertekad menyampaikan tuntutan untuk Presiden yang menjadi media darling, Joko Widodo. Lima bulan periode kepemimpinannya, timbul beragam keresahan dari masyarakat, Kepemimpinannya dianggap tidak pro rakyat dan semakin menjauhkan rakyat dari kesahajaan. Alih-alih ingin merasakan perubahan nasib menjadi baik, rakyat justru dipaksa memutar otak mencari akal untuk sekedar asa hari esok.

Seperti hasrat hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai, tuntutan aksi Indonesia Darurat tak kunjung terealisasikan. Angan bertemu dengan wakil rakyat tak dapat diraih karena studi kerja ke luar daerah masih belum rampung. Azzy Divyastia Kesuma selaku Koordinator lapangan aksi yang mengatasnamakan Keluarga Besar Mahasiswa(KBM) Unsoed, memimpin berdoa bersama secara simbolik. Kerumunan demonstran perlahan merapat merapikan syafnya. Kiblatnya mengarah ke gedung DPRD yang telah mendapat sebuah gundukan tanah yang bertaburan bunga di atasnya. Itulah pusara untuk kinerja Jokowi.

Melangitnya harga kebutuhan pokok masyarakat, komersialisasi pendidikan dan konflik dua instansi yang mangkrak untuk segera diselesaikan menjadi tuntutan demonstran. Tak hanya itu, demonstran juga menuntut pencabutan kontrak karya Freeport tahun 2021-2041 serta nasionalisasi blok mahakam dan kedaulatan pangan 2020 segera mendapat respon dari pemerintah.

Aksitak berhenti sampai di sini, audiensi akan segera dilakukan demi tersampainya aspirasi. “Berhubung DPRD sedang tidak ditempat, maka perwakilan dari kami secepatnya akan kembali ke sini (gedung DPRD Banyumas-red) untuk beraudiensi langsung dengan DPRD,”tutup Azzy Divyastia.

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses oleh pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda