GenBI: Memulai Misi Besar

Dari redaksi
Mahasiswa IAIN Purwokerto dan Unsoed yang menerima beasiswa BI dilantik sebagai pengurus GenBI Foto: Yenny Fitri K

Mahasiswa IAIN Purwokerto dan Unsoed yang menerima beasiswa BI dilantik sebagai pengurus GenBI Foto: Yenny Fitri K

Oleh : Bernadeta Valentna

Gedung megah Bank Indonesia (BI) Cabang Purwokerto terlihat berbeda pada Selasa(13/1), pukul 13.00 WIB kemarin.Walau cuaca kurang bersahabat, beberapa mahasiswa dengan jas almamater tetap berlari-lari kecil menghindari hujan dari parkiran demi sampai ke lobi BI. Dengan rok dan celana seragam warna hitam, serta jas almamater warna kuning gelap dan hijau terang, mereka terlihat kompak. Pelantikan menanti mereka di lantai dua ruang pertemuan.

Ini bukanlah pelantikan organisasi UKM atau paguyuban biasa, melainkan sebuah pelantikan Generasi Baru Indonesia (GenBI). GenBI adalah organisasi resmi para penerima beasiswa Bank Indonesia. Beasiswa yang memiliki kualifikasi cukup tinggi ini diikuti oleh mahasiswa Unsoed dan IAIN Purwokerto.

Pengurus yang dilantik adalah pengurus dari masing-masing cabang universitas, baik Unsoed maupun IAIN Purwokerto. Yang menarik dari kepengurusan ini adalah departemen yang ada di dalam kepengurusannya. GenBI memiliki empat departemen yaitu Departemen Pendidikan, Lingkungan Hidup, Kewirausahaan, dan Kesehatan Masyarakat.

Amalia Lestari, mahasiswa Fakultas Pertanian Unsoed yang juga merupakan Presiden GenBI Purwokerto, menyatakan bahwa GenBI memiliki dua cakupan, yakni internal dan eksternal, dimana fungsi dari organisasi bukan hanya untuk mahasiswa, namun juga untuk masyarakat. Departemen-departemen yang dibentuk pun difokuskan untuk memenuhi fungsinya.

Sebelum dilantik, GenBIpun sudah bergerak aktif di masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan cara mereka marayakan tahun baru 2015 lalu. Ketika semua orang berpesta menyambut tahun baru, mereka justru memilih merayakannya dengan membagikan makanan untuk para penyapujalan, sebagai penghargaan atas jasa mereka di malam tahun baru. Sederhana,namun berkesan.

“Ini adalah sebuahmisi besar,”kata Amalia, mengingat bahwa mereka harus memenuhi tanggung jawab akademik untuk dapat terus melanjutkan beasiswa sekaligus tanggung jawab sosial untuk memenuhi fungsi organisasi GenBI. “Harapan saya, GenBI dapat aktif bergerak dan memberikan manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat dari segi pengetahuan, teknologi, motivasi maupun pengabdian masyarakat, ”lanjutnya pelan, namun optimis.

Reporter: BernadetaValentina, Yenny Fitri Kumalasari

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda