Antusiasme Warga Menyambut Grebeg Sura Baturraden

Dari redaksi
Kerumunan Penonton dalam Grebeg Sura Baturraden. Foto: Sucipto

Kerumunan Penonton dalam Grebeg Sura Baturraden. Foto: Sucipto

BATURRADEN-Warga rela bedesak-desakan demi menyaksikan langsung acara dan prosesi adat Grebeg Sura Baturraden, Minggu (2/11). “Saya ingin menyaksikan langsung, seperti apa acara Gerebeg Sura di Baturaden,” ungkap Ratmi (45), salah satu warga Karanglewas mengaku sengaja datang ke Baturraden untuk menyaksikan “Grebeg Sura Baturraden”.

Acara yang diawali arak-arakan ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga. Selain merupakan acara tahunan, lokasi yang dipilih menjadi magnet tersendiri. Ika, gadis asal Sokaraja mengaku ini kali pertamanya ia ikut menyaksikan “Grebeg Sura Baturraden” atas ajakan Orang tuanya. Sejak pukul 09.00 WIB Ika bersama keluarganya telah siap menyambut acara itu. “Karena pengen, unik aja, biasanya grebeg itu kan di pantai tapi ini di atas (Baturraden-red),” paparnya.

Berbagai macam kesenian turut unjuk gigi melalui arak-arakan, tak jarang ada peserta yang secara khusus melakukannya untuk acara ini. “Saya latihan memainkan kentongan khusus buat acara ini aja,“ ungkap Dana (17), salah satu pemain kentongan dari Karangmangu. Acara ini merupakan sebagai peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1436 H. (Imma Mahmudah/Susilo Faturrokhman)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses oleh pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda