Over load, Server SIA Dialihkan

Dari redaksi
Ilustrasi: Muhammad Zacky

Ilustrasi: Muhammad Zacky

PURWOKERTO-Tahukan anda bahwa server Sistem Informasi Akademik (SIA) sekarang sudah dialihkan? Menurut Ari Bowo, pegawai Bagian Pendidikan (Bapendik) Pusat Unsoed, pemindahan server ini hanya bersifat sementara.

Server SIA yang awalnya menggunakan alamat akademik.unsoed.ac.id sekarang dipindah menjadi bapendik.unsoed.ac.id. “Pemindahan server ini dilakukan karena pada server lama sering terjadi kemacetan server ketika user online melebihi angka 400,” ungkap Ari.

Normalnya, user yang online di SIA berkisar antara 400-500 user. Pada puncaknya, user online bisa mencapai angka 1000 bahkan lebih user online. “Untuk menghindari kemacetan server, maka dari bapendik meminta Puskom untuk mengalihkan server SIA ke server yang baru,” tambah Ari. Pemindahan server ini juga disebabkan karena adanya sejumlah permasalahan di server lama. Hingga saat ini permasalahan di server lama tersebut masih belum diketahui pihak pengelola.

Menurut pengamatan Sketsa, memang benar terjadi pengalihan. Menurut Lucky, salah seorang pengelola Puskom beberapa bulan lalu, Server SIA hanya mampu mengakomodasi 1000 transaksi per satuan waktu. Diluar itu, sistem akan down. “Kita berjaga hingga lembur, server butuh direstart agar tetap bisa diakses,” jelas Lucky kala itu. (Muhammad Zaky)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda