Rayakan Hari Jadi dengan Sunatan Massal

Dari redaksi
Menangis Saat Sunatan Massal. Foto: Ludbizar

Menangis Saat Sunatan Massal. Foto: Ludbizar

PURWOKERTO-“Kita organisasi besar, kenapa engga kita bikin acara yang dapat memberi sumbangsih pada mereka yang kurang mampu,” jelas Sundari, humas acara Sunatan Massal HUT UPL MPA Unsoed, Sabtu (21/6).

Sunatan massal bukan hal langka lagi di Indonesia, namun sunatan massal yang ini berbeda. Bertempat di Aula PKM Unsoed, sunatan massal yang diselenggarakan UPL MPA disambut antusias oleh warga sekitar. Sunatan massal tersebut merupakan salah satu dari serangkaian acara dalam rangka memperingati hari jadi UPL MPA ke-35.

Sebanyak jumlah usia UPL MPA saat ini, sebanyak itu pula anak dari berbagai desa di Banyumas yang mengikuti sunatan massal. Bukan angka yang disengaja.

“Karena pengen,” tutur Rizal (9), salah satu peserta saat ditanyai alasan mengikuti sunatan massal. Sambil tetap menyantap snack yang disediakan panitia. Rizal mengaku dirinya tidak takut, bahkan ia merasa senang. Tak satu tetes air mata pun ia keluarkan saat prosesi khitan. Lain halnya Edo, teman Rizal. Dia justru menangis karena takut.

Kebanyakan orang tua yang mendampingi mengaku mereka tidak memaksa anaknya untuk ikut sunatan massal, melainkan karena kehendak mereka sendiri. “Sebenernya sih mending nanti dulu,  api anaknya yang sudah pengen,” beber Maymunah (37), ibunda Rizal. Tidak hanya Maymunah yang menemani anaknya, hal serupa juga dilakukan Sariman, warga Bobosan, Purbalingga yang menemani cucunya. “Nemenin cucu yang udah pengen dikhitan,”ungkapnya.

Sebagai hadiah, Rizal dan kawan-kawan memperoleh sepasang pakaian, seperangkat alat sholat, dan satu amplop berisi sejumlah uang.

Acara yang bertajuk “Melangkah Bersama Peduli Sesama” ini diharapkan bisa memberi manfaat bagi orang sekitar, mengingat usia UPL PMA yang tidak muda lagi, 35 tahun. “Tidak hanya berbaur dengan alam, tapi juga membantu sesama,” tutup Sundari. (Ari Mai Masturoh)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda