Kenapa Pilih Unsoed?

Dari redaksi
ilustrasi: Sucipto

ilustrasi: Sucipto

PURWOKERTO-”Saya memilih Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) di unsoed karena disuruh bibi, ya saya ikut saran dari bibi soalnya orang tua saya juga membebaskan mau dimana pun kuliahnya. Selain itu, jarak rumah saya dari Majenang dengan Unsoed dekat,” ujar Sri, salah satu peserta SBMPTN , Selasa (17/6).

Sebelumnya, Sri sudah mencoba ikut seleksi masuk perguruan tinggi negeri impiannya, namun gagal. Sri mengikuti saran bibinya mencoba peruntungan untuk ikut SBMPTN dan memilih Unsoed sebagai pilihannya.

Jarak yang dekat juga menjadi salah satu alasannya yang sering kali dilontarkan oleh peserta SBMPTN lain memilih kuliah di Unsoed.

Lain orang, lain alasan. Tatang, salah satu orang tua dari peserta SBMPTN asal Tasikmalaya Jawa Barat, mengungkapkan bahwa kondisi yang kondusif lah yang membuat anaknya memilih Unsoed sebagai pilihan. “Dilihat dari lingkungannya pun enak, sejuk, bersih, kondusif kalo buat belajar,” ujar Tatang.

Akreditasi dan status dari setiap perguruan tinggi yang dipahami sebagai penilaian mutu instituisi perguruan tinggi, menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa baru. Hasil akreditasi sebuah perguruan tinggi diyakini sebagai bentuk pengakuan bahwa perguruan tinggi tersebut telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan.

“Anak saya ingin kuliah di Unsoed karena melihat kualitas dari unsoed, perguruan tinggi negeri sudah terakreditasi (B-red) lagi. Sebagai orang tua, saya mendukung apapun keinginan anak,” tambah Tatang.

Selasa (17 /6), tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diadakan di berbagai tempat, salah satunya Unsoed. Program ini adalah rangkaian seleksi pemerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia yang berlangsung satu hari. Setiap peserta dapat memilih tiga jurusan dengan dua perguruan tinggi yang berbeda. Hasil SBMPTN akan diumumkan 16 Juli 2014 pukul 17.00. (Imma Mahmudah)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda