Indonesia Maju, Perbaiki Dulu Gizinya

Dari redaksi
Hari Gizi

Hari Gizi

Oleh : Tami

Salah satu tujuan negara Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa yang ditanamkan kepada generasi mudanya. Aspek yang mendukung adalah asupan gizi yang baik dan berimbang untuk meningkatkan kecerdasaan anak bangsa. Perlu adanya dukungan dari berbagai pihak mulai dari pemerintah, institusi, lembaga masyarakat hingga keluarga untuk dapat tercapainya generasi bangsa yang cerdas serta sehat.

Hari ini tepat tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional yang sudah 54 tahun diselenggarakan sejak 1960-an. Tahun ini tema yang diambil dalam Hari Gizi Nasional adalah Gizi baik, kunci keberhasilan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pemilihan tema ini didasarkan kepada pentingnya peranan gizi dalam mencegah penyakit baik penyakit menular maupun tidak menular yang selanjutnya akan berpengaruh kepada pelaksanaan JKN.

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan askes wajib untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak. Ada dua manfaat yang diperoleh peserta JKN, diantaranya yaitu manfaat medis dan manfaat non medis. Manfaat medis mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, serta rehabilitatif termasuk obat dan bahan habis pakai. Semakin kuat program – program preventif dan promotif masalah kesehatan, semakin mudah JKN ini berhasil. Untuk itu upaya perbaikan gizi, aktifitas fisik, dan perubahan gaya hidup amat penting dan dapat meminimalkan biaya kesehatan.

Pendidikan gizi di dalam keluarga juga sangat penting untuk diterapkan dalam upaya mencapi gizi yang baik. Membiasakan diri dan keluarga untuk sarapan pagi contohnya, awal mula kita bisa menerapkan program gizi tersebut. Memberikan menu makanan dengan konsep gizi seimbang, rajin olahraga, hindari makanan jenis junk food, serta istirahat yang cukup dapat meningkatkan status kesehatan dan gizi kita menjadi lebih baik lagi. Kita dan keluarga sehat, maka tingkat kecerdasaan dan produktifitas pun dapat meningkat, hal ini dapat berpengaruh terhadap kunci sukses manusia Indonesia untuk berkembang menjadi negara maju.

Jangan salahkan negara kita ini bila sumber daya manusianya saja kebanyakan memiliki daya produktifitas yang rendah untuk membuat bangsanya sendiri maju. Perbaiki dulu gizi manusianya agar taraf hidup manusia Indonesia menjadi sehat dan cerdas, kelak mereka inilah yang akan membuat negara ini maju. Jika ingin bangsa Indonesia maju, maka perbaiki dulu gizi manusianya. Selamat Hari Gizi Nasional 2014!

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda