Kontes Cupang Hias Himakua

Dari redaksi
fotohewan.info

fotohewan.info

PURWOKERTO–Mahasiswa Jurusan Perikanan dan Kelautan (JPK) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Akuakultur menyelenggarakan Kontes Cupang Hias tingkat regional, Minggu (10/3). Kontes ikan Cupang ini diadakan dalam rangka dies natalis Himakua yang ke-3.

Banyak pecinta cupang hias dari berbagai kalangan antusias dalam kegiatan ini. Terbukti dari beragamnya domisili peserta, tidak hanya dari pulau Jawa, ada juga peserta dari Banjarmasin, serta Medan. Ada 461 ekor cupang yang dikonteskan dengan standar setiap peserta membawa kurang lebih 50 ekor.

Cupang dipilih sebagai kontes ini karena jarang sekali penghobi ikan cupang di Purwokerto sehingga dengan adanya kontes ini, panitia berharap bisa meningkatkan budidaya ikan cupang. Menurut Saprudin, ketua panitia pelaksana, acara ini adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Himakua. “Pada tahun 2010, kita (Himakua-Red.) menyelenggarakan kontes yang sama setingkat Barlingmascakeb, namun pada tahun 2011 tidak bisa terselenggara karena dirasa belum optimal,” ucap Saprudin ditengah-tengah acara penjurian.

Acara ini bekerja sama dengan Betta Mania Independen Purwokerto (BMIP), komunitas-komunitas pecinta ikan hias, Paguyuban Pengusaha Ikan Hias (PPIH) Purbalingga, serta Dinas Perikanan Purbalingga. Dengan terselenggarakannya acara ini, panitia berharap dapat melaksanakan kegiatan serupa di tahun berikutnya dengan tingkat yang lebih tinggi. (Zii/Tami)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda