15 Mahasiswa Gelar Aksi Kesaktian Pancasila

Dari redaksi

95aksiPURWOKERTO–Senin (1/10) yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa-red) Fakultas Peternakan Unsoed dengan menggelar aksi didepan Fakultas Peternakan. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diikuti sedikitnya 15 mahasiswa yang memenuhi halaman depan kampus Fakultas Peternakan. Menurut koordinator aksi Farid Dimiyati, ”aksi ini merupakan agenda tahunan, tahun kemarin kita juga mengadakan aksi seperti ini.”

Menurut Farid bahwa aksi ini sebagai penggugah masyarakat akan pentingnya nilai-nilai pancasila yang sekarang malah merosot. Sebagai contoh kasus tawuran di Jakarta antara SMA 6 dengan SMA 70 yang mengakibatkan seorang korban tewas. “Hal ini disebabkan masyarakat, khususnya para pelajar kurang memahami dan mengamalkan sila-sila pancasila terutama sila ke 4, sehingga perlu menggugah masyarakat melalui aksi seperti ini,” ujarnya.

Nabil, seorang mahasiswa Sains dan Teknik yang sedang mengikuti kegiatan di Pusat Kegiatan Mahasiswa mengutarakan pendapatnya tentang Pancasila. Bagi dia Pancasila adalah identitas bangsa, sebagai ideologi rakyat indonesia yang seharusnya diterapkan dalam kehidupan keseharian kita.

Dia pun menambahkan ”aksi ini menurut saya kurang efektif karena orasinya tidak bisa didengar karena bisingnya lalu lintas di depan kampus Peternakan, mending sih kalau mau aksi ya dikampus depan kan dekat dengan lampu lalu lintas, jadi saat lampu menyala merah pengendara bisa berhenti dan mendengarkan.” Setelah ditemui tim Sketsa, Nabil melanjutkan acara diskusi bersama teman-temannya di Pendopo PKM yang tepat berada di seberang jalan Kampus Peternakan, tempat aksi berlangsung. (Faozan-Anggota Magang Sketsa) Repoter (Kurnia)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda