Tidak Terjebak Sistem Kredit SKS

Dari redaksi

84KKNPURWOKERTO-Ilmu pengetahuan sejatinya bertujuan untuk menyejahterakan umat manusia. Pengabdian masyarakat menjadi wujud nyata menujuacapaian dari tujuan ilmu itu. Universitas Jenderal Soedirman merumuskanpengabdian masyarakat untuk mahasiswanya dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN)sejak tahun 1974.

KKN menjadi mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa bukan berarti mahasiswa terjebak dalam sistem kredit saja. Begitu kira-kira Prof. Edy Yuwono,Ph.D. menegaskan dalam sambutanya sebagai Rektor Unsoed. Mahasiswa dituntut untuk mengerti substansi KKN itu sendiri, yakni mahasiswa turut berperan aktif dalam membangun daerah KKN-nya. Menurut Ketua LPPM Unsoed, Prof. Totok Agung,Ph.D. Ketika mahasiswa berada di desa perangkat desa dapat mengajak mahasiswa dalampembangunan.

“Posdaya adalah saat yang tepat untuk menumbuh kian kembali semangat gotong royong dalam masyarakat. Tantangan dan kendala yang dihadapi dalam masyarakat nanti bisa diatasi dengan kebersamaan,” ungkap Sekretaris Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaja.

Lebih lanjut Totok Agung, menjelaskan KKN membuat masyarakat semakin mengenal potensidaerah dan dapat meningkatkan indeks manusia daerah. Pendapat demikian disampaikan oleh Prof. Ir.Totok Agung, P.Hd dalam laporan Ketua LPPM sebagai penanggung jawab KKN. Acara pembekalandan pelepasan mahasiswa KKN pada Senin(9/7) di Graha Widyatama Unsoed. Sekitar 1754 mahasiswa akan ditempatkan di 7 kabupaten dengan jumlah keseluruhan desa mencapai 161 buah. Kabupaten tersebuttersebar dari Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Purworejo, Pemalang dan Brebes.

KKN Unsoed kali ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat MelaluiPosdaya”. Posdaya menjadi mayoritas program KKN periode ini selain tiga programlainnya, yaitu KKN Tematik, Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dan DesaVokasi. Masing-masing program bekerja sama dengan pihak terkait, sepertiYayasan Damandiri, Kemendikbud, Pemprov Jawa Tengah. (Ubay/Galih)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda