Ketakutan Muncul Kepentingan Golongan

Dari redaksi

PURWOKERTO-Muncul ketakutan adanya kepentingan golongan tertentu terjadi pada proses Pemilihan Raya (Pemira) tahun ini. Hal ini terkait dengan penyelenggaraan Pemira yang sedianya akan diadakan pada 20-21 Desember 2010, dilaksanakan sebelum Musyawarah Mahasiswa (Musma) digelar.

Penyelenggaraan Musma menjadi penting karena didalamnya akan dibahas mengenai peraturan yang akan disepakati selama satu tahun. “Kita menawarkan Musma dulu lah. Karena regulasinya belum jelas,” ungkap Wahyu yang merupakan Presiden BEM FISIP. Menurutnya, penyelenggaraan Pemira sebelum Musma memungkinkan kepentingan calon terpilih tidak dapat dinetralisir oleh Musma.Hal ini karena presiden dan wakil presiden sudah terpilih. ”Wong sudah terbentuk presiden, meskipun Musma gak massiv, sah-sah saja mengesahkan,” ungkapnya kepada Sketsa Rabu lalu, (1/12). Bagaimanapun, kampus yang dinamis harus dapat mengakomodasi semua kalangan agar pemerintahan dapat berjalan efektif.

Kemungkinan Jadwal Pemira Mundur

Pemira BEM Universitas tahun ini, diperkirakan mundur. Seharusnya, hingga akhir Desember ini adalah jadwal untuk penyaringan calon presiden dan wakil presiden. “Harusnya sekarang sudah masa penerimaan capresnya. Tapi belum. Kita tetep usaha agar sesuai dengan deadline,” ungkap Khoyrun.

Sedianya Pemira akan dilaksanakan tanggal 20-21 Desember 2010. Koordinator Divisi Humas KPR ini, menjelaskan KPR sekarang masih memperbaiki, menguatkan, dan menyolidkan intern organisasi. “Karena anggota KPR sibuk dengan LPJ masing-masing (organisasi di luar KPR-red),” ungkapnya saat ditemui Sketsa (1/12).

Terkait dengan isu yang berkembang tentang kemungkinan adanya boikot Pemira BEM Universitas, menurutnya tidak mempengaruhi proses persiapan Pemira yang dilakukan oleh KPR. Saat ini juga masih dilakukan recruitment Badan Pengawas Pemira dan Panitia Pelaksana Pemira (PPR). Hal ini untuk kebutuhan di tingkat fakultas. (Ola, Putri, Azizah, Al)

Jadwal Pemira:

22-27 November 2010                                    Pendaftaran DLM

25 November – 1 Desember 2010                 Pendaftaran capres dan cawapres BEM-U

2-7 Desember 2010                                         Verifikasi

8 Desember 2010                                             Penetapan capres dan cawapres

9-10 Desember 2010                                       Pendaftaran tim sukses

11-17 Desember 2010                                      Kampanye capres dan cawapres

18 Desember 2010                                           Debat capres dan cawapres

19 Desember 2010                                           Hari tenang

20-21 Desember 2010                                     Pencontrengan pemira

21 Desember 2010                                           Penghitungsn suara

22-24 Desember 2010                                     Gugatan

27 Desember 2010                                           Penetapan capres dan cawapres terpilih

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda