Banyumas Goes to Robotic

Dari redaksi

PURWOKERTO-Lomba robot yang bertema “Banyumas Goes to Robotic” digelar di Tamara Plaza atau sering disebut Sri Ratu merupakan acara puncak bagi pelatihan robotic anak-anak tingkat SMA/sederajat. Pelatihan yang dilaksanakan 4 kali pertemuan selama 3 minggu ini meliputi teori tentang robot secara umum dan praktik merakit robot line follower atau robot penyusur jalur.

Perlombaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) Unsoed inibertujuan untuk memperkenalkan dunia robotic, serta menggali minat dan potensi dari anak-anak SMA/sederajat se-karesidenan Banyumas. Kegiatan ini diikuti oleh 7 peserta dari berbagai sekolah, antara lain SMA N 2 Purwokerto, SMA N 3 Purwokerto, SMA N 4 Purwokerto, SMK N 2 Purwokerto, SMK Kesatrian, SMA N 1 Purbalingga, danSMK YPP 2 Purbalingga.

“Aspek penilaian dari lomba ini meliputi sampai atau tidaknya robot dalammenyusuri jalur, yang paling cepat sampai finish adalah yang menang. Namun, jika dalam waktunya tidak sampai 4 menit maka yang menang adalah yang paling mendekati finish,” tutur Mufti Al Aziz selaku ketua panitia.

Selainpenilaian kecepatan, dekorasi atau keindahan bentuk robot juga masuk dalam kriteria. Selain itu, penilaian juga diukur dari teknologi komponen dan microcontroller jenis apa yang digunakan.

Tim juri pada lomba robotic ini adalah Anang dari UGM yang juga sebagai instruktur saat pelatihan berlangsung, Aji Setiono dari Elektro Unsoed, dan Ari Fadli,S.T yang merupakan dosen Fakultas Elektro Unsoed.

Lombayang dimulai sejak pukul 07.30 WIB hingga 14.30 WIB ini berakhir denganditetapkannya SMA N 3 Purwokerto sebagai Juara 1 dan SMK N 2 Purwokertosebagai peraih juara ke 2. Sedangkan juara kategori best design dan juara tervaforit berdasarkan polling sms berturut turut diraih oleh SMA N3 purwokerto dan SMA N 2 Purwokerto.(Ika R)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda