Posko Advokasi POM Untuk Mahasiswa

Dari redaksi

PURWOKERTO-Pihak Rektorat Unsoed mengeluarkan kebijakan pencekalan pengisian KRS dan pengambilan KHS, khususnya terhadap Mahasiswa FISIP yang belum membayar lunas POM.

Senin (22/2), ditemui selepas perkuliahannya, Koordinator Posko Advokasi Pencekalan KRS BEM FISIP, Heru Hariyadi, yang akrab disapa Joy memberi keterangan.

Sejumlahtindakan preventif sudah dan akan terus digulirkan BEM FISIP, salah satu diantaranya adalah membuka Posko Khusus Pengaduan Pencekalan KRS. Dimulai dari adanya pengaduan mahasiswa 2009, BEM FISIP berinisiatif untuk mengakomodir keresahan mahasiswa dengan membentuk posko pengaduan guna mengadvokasi kepentingan mereka.

BEM FISIP sendiri telah mendapatkan beberapa keterangan dan informasi langsung dari pihak terkait keluarnya kebijakan pencekalan pengisian KRS. “Kami berangkat dari keyakinan, memang bahwa walaupun POM sudah berubah menjadi badan yang legal, akan tetapi kita mempunyai hak mendapat info yang jelas, karena mungkin masih ada yang rancu perihal kebijakan,” aku Joy.

Setelahdirasa cukup memenuhi akan keyakinan dan memperkuat pula advokasi BEM FISIP, dengan mendapatkan beberapa keterangan dan informasi, BEM FISIP menggelar sebuah rapat khusus, yang akhirnya disepakati untuk menginvestigasi langsung keterangan dan informasi  tersebut, melalui pendekatan analisis isi bukti dan orientasi informasi.

“Setelah melalui investigasi mendalam, ternyata apa yang menjadi sangkaan dan keyakinan kita selama ini (BEM FISIP-red) adalah terbukti. SK (Surat Keputusan-red) untuk pencekalan pengisian KRS bagi mahasiswa Unsoed terkait, ternyata tidak ditemukan sama sekali, alias gak ada! Dan inilahbukti kami,” ngototnya.

Begitu ironis. Hal ini pula yang melandasi pernyataan BEM FISIP bahwa tidaklah ada peraturan langsung dari pihak rektorat, terkait dikeluarkannya kebijakan pencekalan pengisian KRS, bagi mahasiswa Unsoed yang belum melakukan pelunasan dalam POM. “Apa ada aturan pencekalan?” singkatnya.

Ketika disinggung di penghujung proses wawancara, sudah sejauh apa advokasi yang didapat, Joy mengatakan,“Advokasi BEM FISIP sudah meloloskan mahasiswa POM FISIP melalui surat penangguhan langsung dari Bagian Pendidikan Pusat Admin Unsoed.” (Muhammad Aditya)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda