Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Ditutup

Dari redaksi

PURWOKERTO-Isu program penutupan ekstensi untuk tahun 2009 semakin marak terdengar di telinga mahasiswa Diploma III Fakultas Ekonomi. Ketua program ekstensi Fakultas Ekonomi Unsoed menuturkan “Mulai tahun 2009 program ekstensi ditutup dikarenakan kuota dosen bagi fakultasekonomi dari D3 sampai pasca sarjana tidak memenuhi bagi mahasiswa yaitu sekitar 1:30.”

Tidak hanya program ekstensi saja yang ditutup namun pengurangan kelas bagi mahasiswa diploma III tahun 2009 juga mendapatkan imbasnya.

Kekurangan dosen menjadikan suatualasan untuk penutupan program ini, “Sudah pernah diajukan kepada pusat untuk penambahan dosen sebanyak 7 tenaga pengajar namun yang dikabulkanhanya dua orang saja.” Bukan hanya tenaga dosen yang menjadi alasan namun menjaga mutu dan profesionalisme pendidikan juga diperlukan.

Menuturhasil laporan rektor yang disampaikan pada tanggal 18 Oktober 2008 menjelaskan Surat Keputusan Dikti Nomor 55/Dikti/Kep/2007 tentang akreditasi jurusan, untuk program ekstensi Fakultas Ekonomi diberikan akreditasi terbaik bagi jurusan Akuntansi terakreditasi A, IESP terakreditasi B dan Manajemen terakreditasi B.

Statement ini berbanding terbalik jikalau pihak Fakultas Ekonomi memberikan alasan untuk menjaga mutu pendidikan, dikarenakan sudah teruji standar kualitas dari program ekstensi.

Hal senada pula terjadi di Jogyakarta tepatnya di Universitas Gadjah Mada yang diberitakan oleh media massa Kompas, selasa, 24 Februari 2009. menurut Budi Prasetyo selaku Direktur Direktorat Administrasi dan Akademik UGM menjelaskan “tinggal menunggu surat keputusan rektor, tetapi secara praktis sudah tidak ada lagi pendaftaran dan kuliah ekstensi sejak 2009.Padahal setiap tahun terdapat sekitar 1.700 peminat di program ekstensi/swadaya yang dibuka di 14 fakultas.“ Sehingga untuk melanjutkan ke jenjang S1, mahasiswa Diploma III UGM memutuskan untuk melanjutkan di Universitas negeri yang masih membuka program alih jalur lain. (Bagus)

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di lpmsketsa.com, dimuat ulang di BU (beritaunsoed.com) agar tetap bisa diakses pembaca. Portal berita lpmsketsa.com resmi beralih ke beritaunsoed.com.

Related Posts

Tinggalkan Komentar Anda